Rangkuman Journal PENGEMBANGAN OPEN WEB (WCTS)





JUDUL
PENGEMBANGAN OPEN WEB COORDINATE TRANSFORMATION SERVICE (WCTS)
PENULIS
Harry Ferdiansyah ( Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional )
PENERBIT
Jurnal Ilmiah Geomatika Vol. 15 No.1, Agustus 2009
(ISDJ) Indonesian Scientific Journal Database

TUJUAN
Karena Terdapat banyak website yang menawarkan transformasi data spasial, tetapi sebagian besar masih menggunakan metode manual untuk memasukkan data poin yang akan diproses, sehingga tidak seluruhnya mendukung spesifikasi OGC untuk melakukan transformasi fitur spasial secara lengkap. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan alternatif pemecahan masalah dalam transformasi koordinat tersebut dengan pengembangan sebuah web

METODE
Geography Markup Language (GML)
GML adalah spesifikasi uang dikeluarkan oleh OGC dalam rangka mengakomodasi data sharing dalam ranah internet, GML didesain berdasarkan format XML (eXtensible Markup Language) yang merupakan format data populer untuk melakukan perukaran data melalui protokol internet. GML diformulasikan sedemikian sehingga dapat mengakomodasi representasi objek spasial secara komplit dimana objek spasial dalam format GML dapat memiliki properti feature (titik dan garis), geometri, referensi koordinat, dynamic feature, coverage, map presentation styles, unit of measure (satuan) dan waktu.

APLIKASI – EXPERIMENT
Desain WCTS
Mengingat banyaknya sistem referensi spasial, maka secara teoritis variasi dari transformasi koordinat akan tidak terbatas, untuk itu WCTS didesain agar dapat mengakomodir dan memungkinkan pengembangan lebih lanjut dari bervariasinya sistem referensi spasial tersebut. teknologi yang digunakan diusahakan merupakan produk yang bersifat open source, hal ini dimaksudkan tidak lain agar WCTS merupakan aplikasi web yang terbuka (opensource), baik dari segi data, software dan teknologi yang digunakan. Untuk itu PHP. MySQL dan Apache dipergunakan sebagai satu paket aplikasi web development dalam membuat WCTS. data hasil transformasi akan ditulis dalam format GML sesuai input yang diterima oleh aplikasi, dalam hal ini sesuai dengan publikasi OGC maka WCTS hanya akan mengadopsi pemrosesan feature titik saja.

Realisasi Aplikasi WCTS
Menurut publikasi dari OGC setidaknya terdapat tujuh operasi yang mungkin dilakukan oleh WCTS (GetCapabilities, Transform, IsTransformable, GetTransformation, DescribeTransformation, DescribeCRS, dan DescribeMethod), tetapi untuk saat ini WCTS hanya mengadopsi operasi yang bersifat mandatory, yaitu GetCapabilities (informasi kemampuan WCTS) dan transform (operasi transformasi koordinat) saja, karena operasi-operasi yang lain hanya bersifat optional. Untuk dapat menggunakan WCTS user dapat mengirimkan request dalam HTTP-GET format sebagai berikut:

- Operasi GetCapabilities:
www.opencts.org/transform?service=wcts&request=getcapabilities
- Operasi transform:
www.opencts.org/transform?service=wcts&request=transform&sourcecrs=4120&targetcrs=4230&coords=1,2,100
www.opencts.org/transform?service=wcts&request=transform&sourcecrs=4120&targetcrs=4230&coords=1,2,100%0D%0A3,4,400%0D% 0A7,3,0.0&format=gml
www.opencts.org/transform?service=wcts&request=transform&file=http://www.bakosurtanal.go.id/jbar/bandung.gml

Dalam hal ini user harus mengetahui EPSG code untuk referensi spasial (baik sumber dan tujuan) yang dimaksud. Karena tidak semua orang mempunyai akses dan kemampuan untuk mempelajari EPSG code, maka WCTS menyediakan GUI sebagai alat bantu untuk pengguna pemula.







Dua jenis output yang dihasilkan: text (atas) dan format GML (bawah).



KESIMPULAN
Dengan bantuan GUI tersebut pengguna akan diberikan informasi bagaimana cara menulis request yang benar dalam format HTTP-GET, sehingga untuk pemrosesan selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan HTTP-GET format. Untuk output dapat dipilih setidaknya 2 format output, text biasa atau format dalam bentuk GML.

EVALUASI – ANALISIS
Untuk menyempurnakan fungsionalitas WCTS perlu diadakannya penambahan kemampuan-kemampuan operasi lain pada aplikasi tersebut, sesuai dengan opsi variasi operasi yang dikeluarkan oleh OGC. Rekomendasi lain yang mungkin akan menambah kefleksibelan WCTS yaitu dengan memfasilitasi pengguna untuk mendefinisikan sistem referensi spasial sendiri, hal ini akan mempermudah pengguna apabila tidak mengetahui nama ataupun kode dari sistem referensi yang dipakai.

--------------------------Don't Forget To Help And Support My BLOG

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...