KONSEP DAN PLIKASI PROXY SERVER




KONSEP DAN PLIKASI PROXY SERVER
Di TRUNOJOYO
Oleh:
Ery Albar ( 080411100137 )
Fakultas Teknik
Universitas Trunojoyo Madura

Abstrak
Proxy dalam fungsi  adalah sebuah kran air yang dapat di atur penggunaanya oleh admin proxy. Secara teknik Proxy merupakan pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai perantara. Secara prinsip pihak pertama dan pihak kedua tidak secara langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan dengan perantara. Sekarang ini sebuah jaringan komunikasi sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan lagi dalam aplikasi jaringan internet, salah stunya sistem Proxy yang dimanajemen oleh Proxy Server untuk mengatur conection sharing, filtering dan caching dalam jaringan. sebagai contoh adalah mengatur sistem akses dan control sebuah jaringan wireles umum para user nakal biasanya mereka menggunkan koneksi internet untuk melakukan download yang berlebihan atau membuka site dilarang. Untuk menjaga kesetabilan koneksi dan kesopanan browsing  dalam Univ. Trunojoyo maka dibuat sistem proy server.
Kata kunci: proxy, proxy server, user, jaringan

1. Pendahuluan       
1.1 Latar Belakang
Sekarang ini sebuah jaringan komunikasi dalam lingkup mahasiswa sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan lagi dalam aplikasi jaringan internet. Aplikasi ini meliputi Voice over Internet Protocol (VoIP), Konferensi Multimedia,  E-mail, Firewall dan Proxy. Oleh karena itu sangat dibutuhkan adanya suatu manajemen dalam jaringan antar komputer. Fungsi untuk mengatur conection sharing, filtering dan caching dalam jaringan. Masalah keamanan merupakan salah satu aspek yang sangat penting pada sebuah sistem informasi. Demikian juga dengan masalah keamanan pada pengelolaan data dalam jaringan. Meskipun demikian proxy server bukanlah protokol yang mudah dijamin penuh keamanannya.
Proxy merupakan pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai perantara. Secara prinsip pihak pertama dan pihak kedua tidak secara langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan dengan perantara, yaitu proxy.

1.2 Rumusan Masalah
Dalam sebuah jaringan komputer sebagai contoh adalah sebuah jaringan wireles umum para user ( mahasiswa ) nakal biasanya mereka menggunkan koneksi internet untuk melakukan download yang berlebihan dengan hack bandwitch atau membuka site dilarang.
Masalah ini yang biasanya membuat para user lain terganggu dan reah karena para pengguna yang nakal. Oleh karena itu sangat dibutuhkan adanya suatu manajemen dalam jaringan komputer dengan internet  yang melibatkan sekumpulan pengguna ini. Pengaturan dan pengawasan jaringan dapat menggunakn proxy server

2. Pembahasan
2.1 Proy Server
2.1.1 Pengertian Proxy Server

Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Proxy server tidak terlihat oleh komputer klien: seorang pengguna yang berinteraksi dengan Internet melalui sebuah proxy server tidak akan mengetahui bahwa sebuah proxy server sedang menangani request yang dilakukannya. Web server yang menerima request dari proxy server akan menginterpretasikan request-request tersebut seolah-olah request itu datang secara langsung dari komputer klien, bukan dari proxy server
.
 
Skema Proxy Server
Proxy server juga dapat digunakan untuk mengamankan jaringan pribadi yang dihubungkan ke sebuah jaringan publik (seperti halnya Internet). Proxy server memiliki lebih banyak fungsi daripada router yang memiliki fitur packet filtering karena memang proxy server beroperasi pada level yang lebih tinggi dan memiliki kontrol yang lebih menyeluruh terhadap akses jaringan. Proxy server yang berfungsi sebagai sebuah “agen keamanan” untuk sebuah jaringan pribadi, umumnya dikenal sebagai firewall sebgai salah satu jenis keamanan dalam jaringan.




2.1.2Cara kerja

Cara kerja Proxy Server adalah sebagai berikut , Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia Internet untuk setiap komputer klien. Atau bisa dikatakan sebuah server yang membantu kita mempertahankan privasi saat mengakses internet. Web page yang kita kunjungi tidak akan dapat melihat kita. Web page hanya melihat proxy yang kita gunakan.Client tersambung dengan proxy server, dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page ataupun lainnya. Proxy server kemudian mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filter nya.


Skema kerja
Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP address atau protocol. Jika permintaan tersebut divalidasi oleh filternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambungkan ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk client nya.
Proxy Server banyak digunakan untuk keperluan :
  • Menyembunyikan server dari publik untuk keamanan.
  • Mempercepat akses.
  • Membatasi akses
  • Untuk melindungi identitas ( Privasi ).
  • Untuk malakukan remote server.
  • Memblokir alamat tertentu.
2.2 Sistem Proxy
2.2.1Pengertian Proxy

proxy adalah perantara atau kurir antara IP satu ke IP yang lain. Pengertian mudah IP (Internet Protocol) adalah code atau alamat sedang Proxy bisa kita ibaratkan Pak Pos atau kurir.
2.2.3Apa Fungsi Utama dari Proxy
  • Conecting sharing : Fungsi Proxy disini adalah penghubung atau perantara pengambilan data dari suatu IP dan dihantarkan ke IP lain ataupun ke IP komputer kita.
  • Filtering : Beberapa proxy dilengkapi juga dengan firewall yang mampu memblokir atau menutup alamatnya suatu IP yang tidak diinginkan, sehingga beberapa website tidak bisa diakses dengan menggunakan proxy tersebut.
  • Caching : Artinya menyimpan proxy juga dilengkapi media penyimpanan data suatu website dari query atau permintaan akses pengguna, jadi misalkan permintaan mengkases suatu website bisa lebih cepat apabila sudah terdapat permintaan akses ke suatu website pada pengguna proxy sebelumnya.
 
Skema Kerja Proxy
2.2.3 Jenis Proxy
  1. Proxy Tranparent : Lebih mengutamakan fungsi sebagai kurir atau perantara pengambilan data. Biasanya proxy Tranparents ini bisa kita gunakan untuk mempercepat akses ke suatu website. Akan tetapi kalau kita menggunakan proxy Transparen ini IP kita tetap bisa terdeteksi atau terbaca pada server IP yang kita akses datanya dengan metode pelacakan IP yang lebih rumit.
  2. Proxy Animouse : Dengan Proxy Animouse selain sebagai perantara, proxy ini juga akan memblokir data IP kita sehingga IP sebenarnya kita tidak bisa dibaca oleh server website yang kita ambil atau kita akses datanya, dan yang terbaca pada server website adalah IP Proxy tersebut. Tapi biasanya kecepatan akses lebih lambat dari pada Proxy Transparent.

2.2.4 Keuntungan dari Penggunaan memakai Proxy antara lain :
  • Proxy bisa menyembunyikan identitas IP anda.
  • Mempercepat akses ke suatu website.
  • Dapat digunakan untuk mengakses suatu website atau IP yang diblokir oleh Penyedia ISP atau Penyedia jaringan Internet tertentu (Dengan Proxy Tertentu )
  • Proxy dapat digunakan untuk memblokir akses ke suatu IP atau website ( Dengan Proxy tertentu )
  • Meningkatkan Privacy atau keamanan karena proxy ini akan menfilter cookies yang tidak diinginkan dan tersimpan dalam keadaan ter- encrypsi ( Proxy Tertentu)


2.2.5   Konsep dan Aplikasi.
Click For large



Seperti gambat yang sudah ada adalah bagan fakultas teknik dan lab jaringan univ.Trunojoyo proxy server ditempatkan pada setiap fakultas di univ trunojoyo agar lebih mudah untuk memonitoring dan melakukan kontrol pada setiap penggunaan jaringan di trunojoyo dan setiap proxy server di fakultas terhubung dengan puskom sebagai proxy server utama dan memiliki sistem keamanan ygn berlapis.
 Untuk Aplikasi pada Fakultas lain prinsipnya sama denga untuk fakultas teknik yang fungsinya adalah mempermudah monitoring dan control pada jaringan terutama penggunaan internet di univ trunojoyo dengan di dukung dengan fungsi fungsi keamanan sever yang lain.

3. Penutup
Pada makalah ini telah dibahas mengenai Proxy dan Proxy Server untuk meningkatkan keamanan pada jaringan komputer di universitas trunojoyo  dengan server, seperti yang dujelaskan di atas untuk penggunaan Proxy dalam server  bisa dengan mudah admin mengontrol akses para user pengguna jaringan akan tetapi tergantung konfrigurasi setiap proxy server dapat membuat kecepatan menurun atau lebih cepat tergantung dari bagaimana kita mengkonfigurasinya yang sesuai.
Untuk kenyamanan para user yang lain admin biasanya memberikan batas akses dan hak akses bagi user tertentu dengan sistem proxy yang dikontrol server proxy untuk menjaga kesetabilan koneksi. Karena itu fungsi proxy server sangat penting dalam sebuah sistem jaringan yang terkoneksi internet dan memiliki banyak user.

Daftar Acuan
Sukaridhoto, Sritrusta, “Buku Jaringan Komputer”, PENS-ITS, Surabaya, 2007
Priyo Utomo, Eko,” Pengantar jaringan Komputer “, Yrama Widya, bandung 2006

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...