Program Aplikasi Sequential Search Dengan Delphi 7






1.1 Latar Belakang
Berdasarkan kenyataan belakangan ini, bahwa kesadaran tentang peranan teknologi informasi di berbagai tatanan aktifitas manusia di muka bumi sudah semakin meluas keseluruh lapisan masyarakat. Sehingga hal ini dapat memupuk motivasi kita khususnya sebagai mahasiswa teknik informatika harus memiliki pemikiran yang positif dan mampu membuat sebuah pengembangan dari teknologi itu sendiri dengan rekayasa perangkat lunaknya yang bernilai guna dan dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini. Perkembangan bidang teknik informatika saat ini memungkinkan semua bidang kehidupan manusia dapat semakin ringan dikerjakan dengan bantuan computer.
 Demikian halnya dengan pengelolaan data sarana dan prasarana sekolah TK dan SD. Dengan menggunakan perangkat lunak data base, data sarana dan prasarana sekolah dapat diakses dengan cepat oleh dinas pendidikan daerah maupun perangkat dinas pendidikan lainya dengan bantuan komputer.
Untuk dapat menyelesaikan tugas yang telah diberikan, kami diharuskan membuat tugas dari mata kuliah ‘Basis Data’ berupa membangun suatu aplikasi basis data, yang mana aplikasi tersebut harus sesuai dengan studi kasus yang kami pilih. Kegiatan ini dilakukan untuk mempraktekkan dan mengembangkan apa yang telah kami pelajari.  
Dari kedua hal diatas, kami sebagai Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika bermaksud membuat Tugas Mata Kuliah dengan judul Sistem Database Guru dan Siswa Di Sekolah Sekolah Dengan mengunakan  MYSQL
 
1.2 Perumusan Masalah
Perancangan sebuah system database menggunakan MYSQL ini, terdapat Beberapa permasalahan yang dapat diidentifikasi, identifikasi permasalahan tersebut adalah sebagai berikut :
  • Bagaimana data sarana dan prasarana sekolah TK dan SD dapat diakses dengan cepat dan mudah supaya dapat mempercepat proses kerja dinas pendidikan Setempat.
  • Mempermudah mengenal kondisi sarana dan prasarana sekolah TK dan SD.
1.3 Maksud dan Tujuan
Dalam penyusunan proposal tugas ini memiliki tujuan. Dan tujuan untuk merancang sistem database sarana dan prasarana sekolah TK dan SD dengan cara:
  • Memberikan kemudahan dalam mendata sarana dan prasarana  sekolah TK dan SD diKabupaten Lamongan.
  • Terjaminnya keamanan data data sarana dan prasarana sekolah TK dan SD Kabupaten Lamongan.
  • Proses pencatatan Data akan lebih cepat
  • Tidak akan terjadinya penumpukan pencatatan
  • Proses sistematika pendataan sarana dan prasarana akan lebih baik
1.4 Batasan masalah
Supaya perancangan dalam system database menggunakan MYSQL ini tepat sasaran sesuai dengan identifikasi yang telah diutarakan, maka diperlukan suatu batasan masalah sebagai acuan dalam penyelesaian masalah. Dalam hal ini kami memberi batasan masalah sebagai berikut :
  • Pengambilan data Guru dan Siswa secara manual sehingga memperlambat proses kerja dinas pendidikan.


BAB II
Desain Sistem

2.1 Program yang digunakan

            -MyQql program
            -Tools Tmbahan Delphi 7
            -Delphi 7

2.2 Sitem yang dipakai
          Kami menggunakan program MySql sebagai database dasar dan menggunkan Delphi7 sebagai interface dan menggukana tools tambahan penghubung MySql dan Delphi7 dengan Mydac502sr  yang mengkoneksikan antara interface Delphi sengan system database, karena fungsi dasar dari Mysql tidak dapat koneksi dengan MySql Perlu ditambahkan tools tambahan.
            Kami mengunakan system yang sederhana dalam databe ini dengan menggunakan Delphi 7 sebagai interface masukan dan editing data mentah untuk memasukan data dan akan disimpan pada MySql sebagai database, setelah data kita entri dan okey data masuk pada database dan dapat di edit dengan meload data kembali ke interface. Pada interface kami juga menampilkan hasil save database agar lebih mudah memanage dan memonitoring data yang kita input.
            Pada system ini kami membagi data menjadi 3 (tiga) Data Guru, Data Siswa,
Data Pegawai non Guru agar lebih mudah untuk memisahkan data dan mudah di manage atau di atur selain itu data juga lebih aman dan fleksibel
 

BAB III
Implementasi dan Pembahasan

3.1 Implementasi

            a.Membuat interface Data input pada delphi7 untuk Guru-Siswa-Pegawai\
            b.Membuat Query Data Base dasar sebagai wadah Data input dari Delphi7
            cMengkoneksikan antara interface otput dengan MqSql
            d.Mengumpulkan data mentah ntu di iput ke databse memalaui Delphi
            e.Memanagemen Database sengan mudah

3.2 Pembahasan
           
            Data input dari data mentah akan dimasukan menurut masing masing form dan dedalan input yang dimasukan ke database dengan mengkoneksikan terlebihdahulu antara MySql dengan Delphi7 selanjutnya data input dapat disimpan dengan klik Okey pada Input interface data akan otomatis tersimpan pada data MqSql dengan mengulangi prose tersebut kita menginputkan masing masing data mentah per siswa atau guru
            Setelah data tersimpan dengan aman data dapat di edit dengan dengan mudah dengan keamanan yang terjamin, dan data tersimpan aman karena dalam bentuk
Soft-database  dalam MySql data lebih aman dari pada Hard data, dapat di copy atau diperbanyak dan dikirim ke pusat sebagai data daerah.
            Dengan ini system Database dalam sekolah menjadi lebih mudah dan aman dengan teknologi informasi yang berkembang 

BAB V
 Penutup

4.1 Kesimpulan
          Dengan penggunaan database berbasis MySql atau Oracle pada instansi intansi seperti sekolah dan lainya mepermudah dalam pengolahan data data seperti data siswa atau data managemen sarana dan anggota dalam instansi tersebut, dan juga mempermudah dalam memperbayak data dan mengedit data serta keamanan terjamin untuk kerahasian data penting, mempermudah pengirman data dengan waktu cepat dan ringkas
            Dalam Program yang kami buat kami mengukan MySql dan Delphi 7 untuk ebih mudah dipelajari, digunakan dengan menggolongkan data anggota sekolah dengan membagi 3 yaitu Guru, Siswa, Pegawai agar lebih mudah untuk di manage dan diedit
           


4.2 Daftar Pustaka
Tutorial Uas Basdat
Tutorial Basdat e-book

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...