Resume Singkat Komputer



1. Prosesor, Sockets, Slokets, Slotsa
Prosesor dapat dianalogikan sebagai otak dari komputer. Prosesor menjalankan program-program yang rumit dan algoritma dalam komputer. Prosesor terdiri dari beberapa terminologi, yaitu : Internal clock, System Clock, FSB (Front Side Bus), Multilier, Cache, Fabrication, Instruction Set.
Sockets dan Slots merupakan sepesifikasi elektronik dan fisis yang menghubungkan prosesor ke motherboard. Masing-masing motherboard memiliki jenis sockets dan slots yang khas. Misalnya socket AMD tidak berbeda dengan socket Pentium 4.
Sedangkan Slockets (Slot to socket adapter) merupakan jenis adapter yang digunakan untuk mengakomodasi socket base prosesor agar dapat digunakan ke slot base matherboard.

2. Motherboard
Motherboard adalah sebuah papan ( sejenis PCB) yang berisi komponen-komponen yang digunakan untuk mengakomodasi device-device lain pada komputer, seperti HDD, memory, Grapich card, sound card. Motherboard terdiri dari beberapa bagian penting, seperti Chipset, Prosesor socket, BIOS, Port, Expansion Slot, dll. Masing-masing bagian tersebut memiliki sub-sub bagian lagi, yang memiliki fungsi-fungsi yang lebih spesifik.

3. Memor
- RAM (Random Acces Memory) digunakan untuk menjalankan system dan boot ke operating system. Entry-entry pada RAM akan dihapus bila komputer dimatikan. RAM ada beberapa macam, diantaranya EDO RAM, SD RAM, DDR RAM, dan RD RAM.
- ROM (Read Only Memory) merupakan memory yang hanya dapat ditulis sekali dan tidak dapat ditulis ulang. Entry pada ROM tidak akan hilang jika komputer dimatikan. Maka dari itu ROM biasanya digunakan untuk menyimpan setting BIOS
- Cache, Virtual Memory, Page file.

4. Hard Drive (Hard Disk)
Merupakan media penyimpanan data yang utama pada komputer. Semua data dan operating system berada disini sebelum di-load ke memory. HDD menggunakan teknik penulisan pita magnetic. Berdasarkan interfacenya, ada beberapa jenis HDD, yaitu ATA, SATA, dan SCSI.

5. Optical Storage
Merupakan media penyimpanan lain selain HDD, seperti CD ROM, CD Writer, DVD ROM, DVD Writer, HD Drive, Blue Ray, dll.

6. VGA Card
VGA Card merupakan device elektronik yang dipasangkan pada motherboard pada slot AGP, PCI, atau PCI Express x.16, yang memiliki fungsi untuk menampilkan tampilan atau layout ke user

7. Sound Card
Merupakan modulasi elektronik yang terpasang ke motherboard melalui slot PCI dan PCI Exppress, yang memberikan fasilitas suara ke user. Pada saat ini biasanya soundcard telah terintegrasi ke motherboard (on board). Namun bagi mereka yang gemar akan sound, dapat menambahkan soundcard yang lebih berkualitas.

8. Power Supply Unit (PSU)
Power Supply Unit berfungsi untuk memberikan power ke sistem komputer, baik motherboard, procesor, maupun optical storage dan semua device lain yang memerlukan power. PSU diharapkan memberikan tegangan yang stabil untuk mencegah kerusakan pada sistem komputer.

9. Case
Case atau casing merupakan rumah dari sistem komputer secara keseluruhan. Casing memberikan perlindungan terhadap semua device komputer. Aliran udara pada casing hendaknya diatur dengan baik, sehingga tidak terjadi panas yang berlebihan di dalam casing yang dapat merusak komputer.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...