TEKNIK KOMPRESI DATA, IMAGE DAN TEKS

KOMPRESI DATA
  1. Kompresi berarti memampatkan/mengecilkan ukuran- Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu.
  2. Contoh kompresi sederhana yang biasa kita lakukan misalnya adalahmenyingkat kata-kata yang sering digunakan tapi sudah memilikikonvensi umum. Misalnya: kata “yang” dikompres menjadi kata “yg”.
  3. Pengiriman data hasil kompresi dapat dilakukan jika pihakpengirim/yang melakukan kompresi dan pihak penerima memiliki aturanyang sama dalam hal kompresi data.
  4. Pihak pengirim harus menggunakan algoritma kompresi data yangsudah baku dan pihak penerima juga menggunakan teknik dekompresidata yang sama dengan pengirim sehingga data yang diterima dapatdibaca/di-dekode kembali dengan benar.
  5. Kompresi data menjadi sangat penting karena memperkecil kebutuhanpenyimpanan data, mempercepat pengiriman data, memperkecilkebutuhan bandwidth.


- Teknik kompresi bisa dilakukan terhadap data teks/biner, gambar
(JPEG, PNG, TIFF), audio (MP3, AAC, RMA, WMA), dan video (MPEG, H261, H263).


Contoh kebutuhan data selama 1 detik pada layar resolusi 640 x 480:


- Data Teks
o 1 karakter = 2 bytes (termasuk karakter ASCII Extended)
o Setiap karakter ditampilkan dalam 8x8 pixels
o Jumlah karakter yang dapat ditampilkan per halaman = 640 x 480 = 4800 karakter 8 x 8
Kebutuhan tempat penyimpanan per halaman = 4.800×2 byte = 9.600 byte = 9.375 Kbyte


- Data Grafik Vektor
  • 1 still image membutuhkan 500 baris
  • Setiap 1 baris direpresentasikan dalam posisi horisontal, vertikal, dan field atribut sebesar 8-bit
  • sumbu Horizontal direpresentasikan dengan log2 640 = 10 bits
  • sumbu Vertical direpresentasikan dengan log2 480 = 9 bits
  • Bits per line = 9bits + 10bits + 8bits = 27bits
  • Storage required per screen page = 500 × 27 = 1687,5 byte = 1,65 Kbyte 8


- Color Display
o Jenis : 256, 4.096, 16.384, 65.536, 16.777.216 warna
o Masing-masing warna pixel memakan tempat 1 byte
o Misal 640 x 480 x 256 warna x 1 byte = 307.200 byte = 300 KByte

Kebutuhan tempat penyimpanan untuk media kontinyu untuk 1 detik playback:
- Sinyal audio tidak terkompres dengan kualitas suara telepon dengan sample 8 kHz dan dikuantisasi 8 bit per sample, pada bandwidth 64 Kbits/s, membutuhkan storage:
 
- Sinyal audio CD disample 44,1 kHz, dikuantisasi 16 bits per sample, Storage = 44,1 kHz x 16 bits = 705,6 x 103 bits = 88.200 bytes untuk menyimpan 1 detik playback
- Kebutuhan sistem PAL standar
  • 625 baris dan 25 frame/detik
  • 3 bytes/pixel (luminance, red chrom, blue chrom)
  • Luminance Y menggunakan sample rate 13,5 MHz
  • Chrominance (R-Y dan B-Y) menggunakan sample rate 6.75 MHz
  • Jika menggunakan 8 bit/sample, maka

No comments:

Post a Comment