KOMPRESI DATA
- Kompresi berarti memampatkan/mengecilkan ukuran- Kompresi data adalah proses mengkodekan informasi menggunakan bit atau information-bearing unit yang lain yang lebih rendah daripada representasi data yang tidak terkodekan dengan suatu sistem enkoding tertentu.
- Contoh kompresi sederhana yang biasa kita lakukan misalnya adalahmenyingkat kata-kata yang sering digunakan tapi sudah memilikikonvensi umum. Misalnya: kata “yang” dikompres menjadi kata “yg”.
- Pengiriman data hasil kompresi dapat dilakukan jika pihakpengirim/yang melakukan kompresi dan pihak penerima memiliki aturanyang sama dalam hal kompresi data.
- Pihak pengirim harus menggunakan algoritma kompresi data yangsudah baku dan pihak penerima juga menggunakan teknik dekompresidata yang sama dengan pengirim sehingga data yang diterima dapatdibaca/di-dekode kembali dengan benar.
- Kompresi data menjadi sangat penting karena memperkecil kebutuhanpenyimpanan data, mempercepat pengiriman data, memperkecilkebutuhan bandwidth.
- Teknik kompresi bisa dilakukan terhadap data teks/biner, gambar
(JPEG, PNG, TIFF), audio (MP3, AAC, RMA, WMA), dan video (MPEG, H261, H263).
Contoh kebutuhan data selama 1 detik pada layar resolusi 640 x 480:
- Data Teks
o 1 karakter = 2 bytes (termasuk karakter ASCII Extended)
o Setiap karakter ditampilkan dalam 8x8 pixels
o Jumlah karakter yang dapat ditampilkan per halaman = 640 x 480 = 4800 karakter 8 x 8
Kebutuhan tempat penyimpanan per halaman = 4.800×2 byte = 9.600 byte = 9.375 Kbyte
- Data Grafik Vektor
- 1 still image membutuhkan 500 baris
- Setiap 1 baris direpresentasikan dalam posisi horisontal, vertikal, dan field atribut sebesar 8-bit
- sumbu Horizontal direpresentasikan dengan log2 640 = 10 bits
- sumbu Vertical direpresentasikan dengan log2 480 = 9 bits
- Bits per line = 9bits + 10bits + 8bits = 27bits
- Storage required per screen page = 500 × 27 = 1687,5 byte = 1,65 Kbyte 8
- Color Display
o Jenis : 256, 4.096, 16.384, 65.536, 16.777.216 warna
o Masing-masing warna pixel memakan tempat 1 byte
o Misal 640 x 480 x 256 warna x 1 byte = 307.200 byte = 300 KByte
Kebutuhan tempat penyimpanan untuk media kontinyu untuk 1 detik playback:
- Sinyal audio tidak terkompres dengan kualitas suara telepon dengan sample 8 kHz dan dikuantisasi 8 bit per sample, pada bandwidth 64 Kbits/s, membutuhkan storage:
- Sinyal audio CD disample 44,1 kHz, dikuantisasi 16 bits per sample, Storage = 44,1 kHz x 16 bits = 705,6 x 103 bits = 88.200 bytes untuk menyimpan 1 detik playback
- Kebutuhan sistem PAL standar
- Kebutuhan sistem PAL standar
- 625 baris dan 25 frame/detik
- 3 bytes/pixel (luminance, red chrom, blue chrom)
- Luminance Y menggunakan sample rate 13,5 MHz
- Chrominance (R-Y dan B-Y) menggunakan sample rate 6.75 MHz
- Jika menggunakan 8 bit/sample, maka
No comments:
Post a Comment