Arti dan Definisi CITRA

DEFINISI CITRA
  • Citra atau Image merupakan istilah lain dari gambar, yang merupakan informasi berbentuk visual.
  • “a picture is more than a thousand words” artinya “sebuah gambar bermakna lebih dari seribu kata” maksudnya sebuah gambar akan memberikan informasi lebih banyak daripada informasi yang disajikan dalam bentuk kata-kata.
  • Citra, gambar pada dwimatra atau dua dimensi dengan bentuk segi empat berformat horizontal dan vertical yang memiliki warna dan representasi digital
  • Citra sebagai fungsi menerus dari intensitas cahaya pada bidang dwimatra.
Referesentasi Citra


Citra monokrom merupakan fungsi f(x,y) sebagai fungsi tingkat keabuan, fungsi 2 dimensi dengan x menyatakan variabel baris, dan y variabel kolom.
Citra Multispektural merupakan citra berwarna biasanya dinyatakan dalam tiga komponen RGB. Citra sebagai keluaran suatu sistem perekam data dapat bersifat optik=foto, dan sinyal analog => sinyal video dengan gambar pada monitor TV, dan bersifat digital yang dapat langsung disimpan pada suatu media penyimpan.

Pengelompokan Citra

Menurut presisi yang digunakan untuk menyatakan titik koordinat pada domain sinyal atau bidang dan untuk menyatakan titik koordinat pada domain sinyal secara teoritis citra dikelompokan dalam 4 kelas :
  1. Kontinue – Kontinue
  2. Kontinue – Diskrit
  3. Diskrit – Kontinue
  4. Diskrit – Diskrit
Label pertama : presisi titik-titik koordinat pada bidang citra
Label kedua : presisi nilai keabuan atau warna

Proses Pengolahan Data Citra

  • Komputer hanya dapat mengakses data digital, oleh karena itu untuk pengolahan data digital analog terdapat proses konversi yang disebut proses Analog Digital Conversi (ADC). Tujuan dari proses ADC adalah agar dapat diakses komputer, karena data asli atau fakta bersifat analog tidak bisa diolah oleh komputer, komputer hanya mengolah data digital.
  • GAMBAR >>> ANALOG DIGITAL >>> KOMPUTER

Perkembangan Penerapan Pengolahan Citra

  1. Perbaikan citra untuk membantu interprsetasi
  2. Proses Scanning data untuk mesin
  • Teknis pemroses citra pertama kali untuk perbaikan gambar koran yang dikirim melalui kabel antara London dan Newyork (awal 1920). Pengiriman data tersebut mengurangi waktu dari 1 minggu menjadi 3 jam untuk menyebrangi Atlantic, dimana data tersebut harus diubah dahulu dalam bentuk kode pada waktu dikirimkan dan kemudian direkonstruksikan kembali dengan peralatan cetak khusus.
  • Sisten Bartland dapat mengkodekan citra menjadi 5 tingkat keabuan dan pada tahun 1929 berhasil meningkatkan menjadi 15 keabuan.
  • Perbaikan citra digital dengan menggunakan teknik komputer dimulai tahun 1964, yaitu sebuah citra bulan yang berasal dari jet Propulsion Lab. Yang ditransmisikan Ranger-7
  • movies: Mulai tahun 1964, sampai sekarang bidang pemrosesan berkembang ke semua bidang dengan tujuan interprestasi dan analisa.

No comments:

Post a Comment